Langsung ke konten utama

Resume Kajian Tentang Coronavirus bersama Kak @elvynadaeng Prisma Attin

Resume Kajian Akhwat Prisma Attin
Bismillahirrohmanirrohim
Resume Kajian Teh Manis Akhwat🥰✍🏻🤲🏻☺️

Narasumber Kak @Elvyna
Moderator : Diah
oke, 1..2..3...

 apasih Covid-19 itu?

Covid-19 atau Corona virus disease-2019 adalah penyakit yang menyerang saluran pernafasan disebabkan oleh coronavirus (CoV).


Coronavirus (CoV) adalah famili virus yang menyebabkan berbagai penyakit, mulai dari batuk pilek hingga gejala penyakit yang lebih parah. Seringkali CoV ini bersifat zoonotik (ditularkan dari hewan ke manusia) seperti MERS dan SARS.

Waktu inkubasi CoV ini sekitar 1-14 hari.
Covid 19 ini dapat menular melalui:
1. Tetesan kecil cairan (droplet)
2. Kontak dengan sekresi pernapasan orang yg sudah positif
3. Permukaan dan peralatan yang terkontaminasi
4. Menular baik dr hewan ke manusia maupun dari manusia ke manusia
5. Hasil penelitian WHO terbaru jg mengatakan dapat bertahan di udara (airborne)

Singkatnya, Covid19 ini adalah penyakit yang disebabkan oleh coronavirus baru yang menginfeksi manusia dimana manusia saat ini tidak memiliki imunitas terhadap antigen Covid19 dan sangat mudah menyebar.

Selanjutnya, tanda dan gejala Covid19
Gejala utama:
1. Demam (>38derajat C)
2. Batuk kering
3. Sesak nafas
Gejala tambahan:
1. Sakit kepala
2. Kelelahan
3. Diare
4. Mual/muntah
5. Pilek
6. Tidak enak badan
7. Hilangnya indra penciuman (penelitian terbaru)
Pada kondisi tertentu atau ketika pasien terinfeksi tidak mendapat pertolongan medis dengan cepat dan tepat, Covid19 ini, dapat menyebabkan kematian. Namun perbandingan angka kematian akibat Covid19 dibanding dengan SARS dan MERS, rendah sekali.

Selanjutnya kita akan bahas tentang definisi kasus, yaitu PDP, ODP, probable, dan positif (terkonfirmasi):
- *PDP* (Pasien dalam Pengawasan) atau Suspek. Yaitu ketika seseorang memiliki gejala demam (>38), batuk/pilek/sakit tenggorokan, pneumonia ringan/berat (berdasarkan hasil rontgen thoraks) DAN memiliki riwayat perjalanan ke negara2 terjangkit  atau tenaga kesehatan yang sakit setelah kontak dgn pasien Covid19 ATAU seseorang yang mengalami infeksi pernapasan akut ringan-berat DAN kontak erat dgn pasien positif Covid19 atau riwayat kontak dengan hewan penular atau bekerja/berkunjung ke fasilitas yankes yang mengkonfirmasi kejadian Covid19 atau memiliki riwayat perjalanan ke negara terjangkit atau riwayat demam.
- *ODP* (Orang Dalam Pemantauan). Yaitu ketika seseorang yang mengalami gejala demam atau riwayat demam tanpa pneumonia yang memiliki riwayat perjalanan ke Tiongkok atau wilayah/negara yang terjangkit, dan *tidak* memiliki satu atau lebih riwayat paparan, diantaranya:
-) Riwayat kontak erat dengan kasus terkonfirmasi Covid19
-) Bekerja atau mengunjungi faskes yang berhubungan atau mengkonfirmasi pasien Covid19
-) Memiliki riwayat kontak dgn hewan penular
-  *Probable*
Yaitu ketika pasien dalam pengawasan yang diperiksakan utk Covid19 tetapi tidak dapat disimpulkan
- *Positif atau Terkonfirmasi* Yaitu seseorang yang secara laboratorium sudah terbukti memiliki Covid19


_Lalu, apa yang bisa kita lakukan?_
Meskipun saat ini aktifitas diluar rumah dibatasi dan kita hanya di rumah aja, kita tetap harus berupaya melakukan tindakan pencegahan seperti:
- *Cuci tangan* dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik, jika tidak ada sabun dan air, gunakan handsanitizer dgn kandungan alkohol 70%
- *Hindari menyentuh* mata, hidung, dan mulut dengan tangan yang belum dicuci
- Sebisa mungkin hindari kontak dengan orang yang sedang sakit
- *Saat anda sakit*, gunakan masker medis dan terap tinggal dirumah atau segera ke faskes yang sesuai, jangan banyak beraktifitas diluar. Dan katakan dengan jujur kepada tenakes bahwa Anda pernah kontak erat dengan PDP ataupun dengan orang yang positif.
- *Tutup mulut dan hidung saat batuk atau bersin* dengan tissue, segera buang tissue pada tempat yang telah ditentukan.
- *Bersihkan dan desinfeksi* secara rutin permukaan dan benda yang sering disentuh.
- Jika tidak ada kepentingan yang mendesak, tidak perlu keluar rumah ataupun rekreasi ke tempat wisata (*social distancing*)
- Jika terpaksa *keluar rumah, gunakan masker saja*. Tidak perlu menggunakan sarung tangan apalagi hazmat.


     - *Segera mandi* ketika sampai dirumah *sebelum kontak dengan anggota keluarga lain*
- Rendam baju yang dipakai dari luar tadi dengan detergen dan air.
*Penting* untuk dipahami juga bahwa virus Covid19 ini belum ada obat maupun vaksinnya, tetapi sebetulnya ia *bisa disembuhkan tanpa obat apapun*, yaitu dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dan menghindari stress agar imun tubuh tetap kuat.

Saya rasa cukup sekian, supaya gak terlalu pusing bacanya 😁😂
Silahkan jika ada yg ingin menambahkan🙏🏻Haturnuhun ka sadayana🥰✍🏻☺️🤲🏻✅☑️✔️  @diahmadyapuspita

Komentar

Postingan populer dari blog ini

bersabarlah dalam work from home, karena semua hanya sementara

Bersabarlah [ Tiap - tiap yang berjiwa akan merasakan mati ] Ya, pernah terlintas dalam hidupmu.. Engkau, akan tinggal di bumi selama berapa tahun? Mungkin, Engkau maunya selamanya! Engkau mau terus hidup, dan tak akan mati. Namun, nyatanya belum pernah kudengar ada yang hidup lama melebihi 1000 tahun di zaman ini. Iya, benar. Kita hidup di dunia hanya sebentar saja. Namun, kita diciptakan bukanlah untuk sia-sia. Ada tujuan kita hidup di dunia ini. Bukan harta. Bukan tahta. Bukan hanya wanita. Hidup ini sejatinya adalah amal untuk kehidupan yang sebenarnya, Kehidupan yang kekal abadi untuk selama-lamanya Akhirat akan membalas Setiap amal yang telah dikerjakan, walaupun sebesar biji sawi. Akhirat juga yang membalas kejahatan tanpa terkecuali. Beruntung orang yang cerdas, yang mampu memanfaatkan dunia untuk beramal sebanyak- banyaknya. Karena akhirat, butuh bekal yang banyak. Yuk berlayar dengan Taqwa. Percayalah, setiap perbuatan baik yang kamu lakukan

Mini Workshop Di attin

Mini workshop di Attin Muslimah menginspirasi Masa Kini with kakak steffifauziah.com dan kaka litha-etr.blogspot.com Hallo, Assalamu'alaikum wr wb :) perkenalkan nama saya Diah..saya adalah mahasiswi di universitas terbuka semester akhir.. saya kuliah setiap hari minggu, namun minggu kemarin saya kuliah sebentar karena saya ingin sekali ke masjid agung attin, yap..saya ikut kajian mini workshop yang sangat menginspirasi.. pertama dan yang utama, setelah berdoa, membaca basmalah, niatkanlah segala sesuatu untuk belajar,, lillahi ta'ala lalu tarik nafas panjang, tenangkan, rileks kan dahulu, tersenyumlah..dan berkatalah,, Robbi ziddni 'ilman,, warzuqnii fahman...Aamiin sebuah doa yang terulang ulang adalah rasa syukurmu kepada Allah swt :) ok, 1st kalian coba buka blog nya kakak pembicara nya ya,, karena ada 2 pembicara yuk mari kita buka 2 blog nya steffifauziah.com litha-etr.blogspot.com setelah kalian klik, amati, baca baca, nanti kalian juga bisa mempelajar

Ringkasan Abu Bakar As Siddiq

Bismillahirrohmanirrohim Diah Madya Puspita Sari 5A http://instagram.com/diahmadyapuspita WA : 0857-1484-0639 Alamat: Jalan Niran Pondok Ranggon.Rt 004 Rw 002 No.80 Pondok Ranggon. Cipayung. Jaktim. Pos 13860. Biografi Abu Bakar As-Siddiq Nama beliau adalah Abdullah Ibnu Abi Quhafah at Tamimi. Beliau lahir dua tahun setelah Rasulullah Saw. Di masa jahiliah bernama Abdul Ka‟bah, lalu ditukar oleh Nabi menjadi Abdullah Kuniyahnya Abu Bakar. Beliau diberi kuniyah Abu Bakar (Pemangi) karena dari pagi-pagi betul beliau telah masuk islam. Gelarnya: as-siddiq (yang amat membenarkan). Beliau di beri gelar as-siddiq, karena amat segera membenarkan Rasul dalam berbagai peristiwa, terutama peristiwa Isra‟ Mi‟raj. Abu Bakar memiliki kulit putih, berbadan kurus, tidak tinggi, berpinggang kecil, tulang wajahnya kurus, dan jarinya tidak memakai cincin. Istri Abu Bakar bernama Ummu Rauman. Beliau wanita salihah dan menjadi tokoh di masyarakat. Abu Bakar mempunyai beberapa anak, di antaranya Ab